Memahami Manajemen Bisnis Rumahan

Bisnis yang dilakukan dalam skala kecil dan tidak memerlukan pabrik dan kantor besar atau biasa disebut bisnis rumahan adalah bisnis yang sedang di galakkan oleh pemerintah. Melalui pemerintah daerah, negara ini ingin angka wirausaha yang ada bisa meningkat dan angka pengangguran bisa menurun. Salah satu cara yang paling efektif yaitu memang mendukung UMKM terutama untuk usaha mikro dan kecil. Ya, usaha yang memiliki pengelompokkan modal usaha yang tidak terlalu besar ini bisa dibangun oleh siapa saja dan dimulai dari rumah. Contohnya adalah bisnis kerajinan tangan, bisnis makanan ringan, bisnis jasa membuat kue dan roti, bisnis pembuatan boneka, dan lain sebagainya.

Memahami Manajemen Bisnis RumahanSemua bisnis yang telah disebutkan tadi tergolong bisnis rumahan. Walau modal bisnis dari beberapa bisnis tersebut  tidak besar, tetapi bukan berarti bisnis ini adalah bisnis abal abal. Rupiah demi rupiah mampu menggunung di rumah anda jika bisa mengelolanya dengan benar. Sayang sekali, menurut banyak pengamat wirausaha UMKM Indonesia, kesadaran akan Manajemen Bisnis Rumahan masih rendah. Pelaku bisnis rumahan tidak semuanya memiliki wawasan yang luas tentang mengelola sebuah bisnis. Hal ini membuat risiko risiko yang tidak diinginkan bisa terjadi.

Manajemen Bisnis Rumahan tidaklah ribet dan membuat pusing para pelaku bisnis. Ada beberapa pengetahuan dasar manajemen yang harus dimiliki agar bisnis yang dikelola dapat terus berkembang, yaitu:

  • Perencanaan

Sebuah bisnis harus dipikirkan matang matang saat sebelum benar benar terjun melakoni bisnis. Walau skalanya bisnis rumahan, tetapi bisnis rumahan harus dipersiapkan dengan baik agar mampu naik kelas menjadi bisnis yang lebih besar dan bisa disebut dengan perusahaan. Perencanaan juga tidak hanya dilakukan diawal bisnis didirikan. Perencanaan dilakukan disetiap langkah bisnis yang aka diambil.

  • Pengelolaan

Pengelolaan disini memiliki cakupan pengelolaan karyawan, pengelolaan proses yang berkaitan dengan produk bisnis, dan pengelolaan keuangan. Semua pengelolaan ini harus dilakukan dengan baik agar tetap mendukung tercapainya tujuan dan kemajuan bisnis anda. Untuk pengelolaan karyawan, walau bisnis rumahan rata rata hanya memiliki sedikit karyawan, tetapi juga harus dikelola dan diperhatikan secara profesional agar karyawan menjadi bagian dari bisnis anda dan siap membantu anda dengan memiliki kinerja maksimal.

  • Evaluasi

Biasakanlah untuk mengadakan agenda evaluasi rutin dan evaluasi untuk langkah dan inovasi baru. Evaluasi rutin misalnya satu bulan sekali. Evaluasi ini melihat rekap data bisnis dan analisis data tersebut guna mendapatkan langkah terbaik di kemudian hari.

Manajemen Bisnis Rumahan yang baik memang akan memberikan manfaat yang berguna bagi kemajuan bisnis anda. Tetapi, pentingnya pengelolaan yang baik ini minimal menghindarkan anda dari rugi. Dengan terhindarnya rugi dari bisnis rumahan anda maka bisnis anda akan terus berjalan dan berkembang.

Comments are closed