Controlling Dalam Bisnis Rumahan

Controlling Dalam Bisnis RumahanBisnis apapun dalam skala mikro atau besar harus dijalankan secara profesional dan sungguh sungguh, termasuk dalam sebuah bisnis rumahan. Bisnis rumahan memang tergolong bisnis mikro atau bisnis kecil yang di kelola sederhana baik dalam proses produksi hingga proses distribusi. Kesalahan yang sering terjadi pada sebuah bisnis rumahan di Indonesia adalah tidaknya adanya controlling dan evaluasi bisnis rumahan. Proses dari awal bisnis berdiri seharusnya sudah diiringi dengan proses Controlling Dalam Bisnis dan evaluasi untuk segala langkah yang sudah ditempuh. Dengan begitu, keputusan bisnis yang diambil selanjutnya tidak akan mengulangi kesalahan sebelumnya dan dapat memajukan bisnis rumahan yang sedang dijalankan.

Agar tidak bingung apa saja yang harus diperhatikan dalam Controlling Dalam Bisnis rumahan, maka disini akan diberikan beberapa hal yang penting dan harus diterapkan.

  • Kontrol terhadap rencana bisnis

Ya, dari mulai perencanaan bisnis rumahan yang akan dijalankan seharusnya sudah ada kontrol yang dilakukan. Membuat perencanaan bisnis tidak boleh hanya sekedar bermimpi, tetapi juga harus ada kontrol yang berkaitan dengan keadaan internal dan eksternal. Biasanya, kontrol yang mudah dilakukan dari internal anda adalah dengan memahami kekuatan dan kelemahan yang anda dan bisnis anda miliki. Lalu, kontrol dari eksternal adalah dengan mengerti kesempatan yang sedang terbuka di luar dan mengerti ancaman ancaman yang mungkin datang. Setelah ada bahan kontrol di kedua sisi ini, perencanaan bisnis rumahan anda akan lebih matang.

  • Kontrol terhadap pesaing bisnis

Bisnis rumahan bukan berarti tidak harus bersaing secara kompetitif. Pelaku bisnis rumahan harus bisa mengukur kekuatan dan kelemahan dari pesaing bisnis sejenis lainnya agar ada bahan evaluasi demi majunya bisnis yang dijalankan.

  • Kontrol Karyawan

Walaupun hanya memiliki sedikit karyawan dalam bisnis rumahan yang anda geluti, kontrol terhadapĀ  mereka juga harus dilakukan. Semua itu demi kinerja karyawan yang optimal dan membawa keuntungan bagi bisnis anda.

  • Kontrol Keuangan

Sering kali bisnis rumahan tidak memiliki pencatatan keuangan yang baik, akibatnya tidak ada bahan evaluasi untuk bisnis yang dijalankan. Lakukanlah pencatatan dan kontrol keuangan, agar mengerti kondisi keuangan bisnis anda. Kontrol pada keuangan bisnis anda juga memiliki manfaat lain yaitu terhindar dari kerugian. Bisa saja, karean tidak adanya pencatatan keuangan yang baik akan menghasilkan belanja bahan baku yang berlebihan, transaksi transaksi yang tidak jelas kemana arahnya, dan juga rawan penyelewengan dana.

Controlling Dalam Bisnis jenis ini bisa dilakukan oleh pemilik bisnis rumahan. Tentu saja, sangat jarang bisnis rumahan memiliki karyawan bidang supervisor atau penyelia yang secara khusus akan mengontrol segala hal dalam bisnis. Maka dari itu, peran pemilik bisnis disini sangat dibutuhkan agar proses controlling tetap ada di bisnis rumahan.

Comments are closed